Setem (Tuning) Ukulele


jika anda memiliki ukulele namun tak tau setem, saya akan kasih tau caranya.

lihatlah gambar di atas,
senar G di fret ke dua harus sama seperti senar A,
lalu senar C di fret ke empat harus sama dengan senar E,
berikutnya senar E di fret ke tiga harus sama dengan senar G.

anda harus memahami dulu nada C D E F G A B
c = do
d = re
e = mi
f = fa
g = sol
a = la
b = si

jadi untuk tahap awal dalam setem senar A, anda harus menyamakan nada LA dengan senar A.

lalu setemlah dengan cara seperti gambar di atas.

jiika selesai anda, kembali mencoba bunyikan tiap senar tersebut sesuai nada senar.

karena ukulele terdiri dari senar G C E A maka nadanya SOL DO MI LA, cobalah apakah sama bunyinya ???

jika sama…

maka selamat bermain…

akan lanjut lagi di pelajaran yang lainnya…

NB : harus rajin setem supaya peka nada

48 comments on “Setem (Tuning) Ukulele

  • Petunjuk di atas kurang lengkap rasanya…karena kami sangat awam ukulele, maka perlu dijelaskan, mana senar yang paling bawah dan atas.
    Saya masih kesulitan menentukan setem nada. jadi rasanya ukulele masih fals.

  • Saya baru beli ukulele tapi jumlah senarnya cuma tiga saja. Bagaimana urutan nada pada senar tersebut. Dan bagaimana kunci – kuncinya. Sayapengin sekali bisa main ukulele. Tolong dong beri tahu saya. Terimaksih

  • kalo belajar gitar urutan senar 1 – 6 dimulai dari tali bawah senar 1 dst ke atas, nah kalo gambar yg terlihat di ukulele to piano, disini dari atas ke bawah, tapi gak apa2 mungkin cara nya aja beda.., tolong kalo boleh contoh lagu nya dong.. makasih

  • gan mana nih, konci konci ukulelenya ?? Kalo ada tolong ya di share linknya di sini.. Gue udh nyari koncinya di blog lo gan, tapi kgg ketemu, makanya minta di share ke sini linknya.. Thx before gan.

  • temen gue juga anak jalanan juga sihh, jadi kalo mau nyetem gampang ga usah ribet” tinggal minta steminn.. dan akhir’a gua udah bisa nyetem sampe sekarang:D

    • harus belajar gan. jangan mao kalah sama anak smp, di tempat ane anak” sd smp pada pinter” bgt maen ukulele, kalo ane kaga bisa hahaha

  • gampang gan nyteam.a minimal kudu punya hp android trs donlot deh aplikasi clo ga salah nama.a gstring ato detuner litle. gampang kan. ga perlu ribet

  • Berikan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    %d blogger menyukai ini: